SAAT JODOH TAK KUNJUNG TIBA, WANITA-WANITA CINA BERTINDAK! (KHUSUS DEWASA)

…Ibu-ibu bapak-bapak
Siapa yang punya anak
Bilang aku aku yang tengah malu
Sama teman-temanku
Karna cuma diriku yang tak laku-laku

Pengumuman-pengumuman
Siapa yang mau bantu
Tolong aku kasihani aku
Tolong carikan diriku kekasih hatiku
Siapa yang mau…

(WALI Band)

Mungkin bisa jadi pesatnya industrialisasi di Cina belakangan ini membuat banyak para kaum wanita akhirnya berprofesi menjadi wanita kantoran alias wanita karir. Sehingga sebagian besar waktu yang mereka miliki dihabiskan di kantor untuk kerja dan tidak sedikit yang berefek semakin banyaknya usia wanita lajang yang semakin berumur.  Mungkin ilustrasi tersebut merupakan salah satu latar belakang timbulnya ketakutan di benak para wanita karir takut tidak mendapatkan jodoh.

Sekelompok perempuan menari dengan setengah telanjang dan mengenakan topeng, menimbulkan kontroversi di Cina. Mereka menari dan berjoged di jalan dengan hanya mengenakan pakaian dalam. Tujuannnya untuk mencari suami yang tepat. Delapan perempuan itu mengatakan mereka melakukan hal itu karena merasa tertekan oleh desakan keluarga mereka untuk segera mencari suami sebelum terlambat.

Saat keluar dari rumah mereka rela menerjang cuaca yang tak bersahabat mengenakan pakaian lengkap dengan celana panjang. Setelah keluar dari stasiun kota bawah tanah di Guangzhou, provinsi Guangdong, dan mulai menari dengan hanya mengenakan bra dan celana dalam. Gadis-gadis ini menari sambil membagikan kertas berisi data diri mereka dan syarat laki-laki yang mereka pilih untuk dinikahi, seperti dilaporkan Guangzhou Daily.

Mereka juga memegang papan bertuliskan, “Cowok, Nikahi Aku!”, “Ibuku Mendesak Saya Segera Menikah!”, dan “Waktu Terbatas, Ayo Kencan!”. Dengan menyebut diri sebagai ‘Crazy Beauties’, para perempuan ini sengaja melakukan aksinya bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang diperingati setiap 10 Maret.

Pemimpin organisasi perempuan Xing Zi mengatakan, “Kami merencanakan untuk menjadikan ini sebagai deklarasi. Hal ini untuk membuktikan bahwa kami punya cukup rasa percaya diri dan tekad.” Salah seorang peserta, Xiao Xuan menambahkan, “Kami mengira bahwa kami ini cantik tapi tetap saja tak bisa menemukan Mr Rights. Umur kami juga sudah menjelang 30 tahun, sehingga kami harus berbuat sesuatu.”

Penari lainnya dengan nama panggilan Ali Nerd mengatakan ibunya nyaris membuatnya gila. “Dia mengomeli saya sepanjang hari dan mendesak saya untuk segera menikah,” katanya. Penampilan para perempuan ini menarik perhatian banyak orang. Mereka ramai-ramai menonton, bertepuk tangan, dan mengambil gambar mereka dengan telepon genggam.

Lain lagi yang terjadi di Chengdu, ribuan pria antre menyerbu sebuah papan pengumuman di sebuah kampus di China berisi sebuah iklan dari seorang mahasiswi kampus itu yang sedang mencari pacar. Zhang Mengqian sepertinya sedang kesepian hingga harus mencari pacar dengan cara mengiklankan diri seperti itu. Tetapi usahanya menempelkan pengumuman di tempat yang biasa disebut “dinding harapan” itu berhasil menarik perhatian ribuan pria yang ingin menjadi pacarnya. Demikian diberitakan The Sun, Minggu (14/3/2010).

Tidak hanya itu keinginan Mengqian yang mengundang beberapa pria untuk menghampiri asramanya pada waktu yang ia tentukan dan hari tertentu sambil meneriakan namanya, juga menimbulkan keributan di sekitar area asrama. Tidak jelas apakah mahasiswi cantik ini berhasil mendapatkan pacar impiannya. Tetapi paling dia seharusnya memperkirakan perbandingan jumlah mahasiswa laki-laki dan perempuan di Universitas Ilmu Pengetahuan dan Teknologi tersebut. Jumlah mahasiswa di kampus tempat Mengqiang kuliah tersebut memang jauh lebih banyak dari mahasiswinya. Setidaknya mahasiswa dikampus tersebut jumlahnya 25 berbanding satu dengan mahasiswi yang ada pada kampus yang lebih berfokus ke jurusan teknik itu

Duh semakin banyak jumlah wanita, sehingga persaingan untuk mendapatkan jodohpun semakin ketat, tapi harus sampe beginikah cara menarik perhatian para lelaki? Apakah hanya dengan cara memicu nafsu birahi para pria lantas jodoh lebih gampang dicari? Bukankan Cinta merupakan pondasi penting dalam pernikahan bukan hanya nafsu syahwat?  Kedewasaan emosi dan kecantikan rohaniah (inner beauty) agaknya juga perlu dipertimbangkan dan ditonjolkan selain hanya kecantikan dan kemolekan fisik semata dan jangan lupa yang utama adalah iman. Ada yg berminat melamar? (ruang hati berbagi/okezone/mugiwara no nakama)

About these ads

One thought on “SAAT JODOH TAK KUNJUNG TIBA, WANITA-WANITA CINA BERTINDAK! (KHUSUS DEWASA)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s