SIMBOL OKULTISME DALAM FILM ANIMASI MONSTER, Inc.

039_MONSTER_INCDi saat masyarakat kita dihebohkan oleh film adaptasi novel Ketika Cinta Bertasbih atau sering disebut KCB saja yang pasti semua orang sudah menonton film ini, penulis beberapa waktu lalu baru saja menyelesaikan menonton film animasi besutan Disneys-Pixar berjudul Monster, inc. sebuah animasi yang cukup lawas. Dari segi cerita, film yang sempat membuat penulis penasaran itu cukup bagus. Temanya menarik. Yaitu, tentang sebuah negeri monster yang mengandalkan jeritan manusia (tepatnya, anak kecil) sebagai sumber pembangkit tenaga listriknya. Yang pada akhirnya, sumber tenaga pembangkit listrik kota Monster yang pada awalnya adalah jeritan anak kecil itu berganti menjadi tertawanya anak kecil yang dijadikan sumber tenaga pembangkit listrik kota Monster oleh dua sahabat Mike dan Sulley.

Namun pada tulisan kali ini, penulis tidak membahas seputar animasi keren tersebut tapi lebih kepada nilai dan tujuan film itu dibuat, yang tentusaja dipandang dalam sudut pandang berbeda dari resensi film yang biasa kita temui dalam setiap media cetak di tanah air.

Seperti yang telah menjadi rahasia umum para peneliti ajaran Okultisme Pagan-Kabbalah, Walt Disney seorang pendiri Walt Disney’s Company adalah seorang aktivisnya Freemasonry yang mempunyai derajat ke-33. Walt Disney’s Company saat ini tercatat memiliki 18 anak perusahaan. Berikut ke-18 anak perusahaan Disney’s:

  • Walt Disney World – Orlando, Florida
  • Disneyland – Anaheim, California
  • Walt Disney brands (movies, educational products, music, travel)
  • Buena Vista brands (home video, movies, distribution, television)
  • Capital Cities/ABC brands (television, entertainment, news, sports)
  • Touchstone Pictures
  • Hollywood Pictures
  • Caravan Pictures
  • Miramax Films
  • The Disney Channel
  • Hollywood Records
  • ESPN
  • A&E Television Network
  • Lifetime Television Network
  • Disney Publishing
  • Hyperion Press
  • Chilton Publications
  • Anaheim Mighty Ducks hockey team

Seperti yang dikatakan oleh Henry Ford yang dikutip oleh ZA Maulani (2002), sebagian anak perusahaan Disney’s adalah perusahaan yang memproduksi seks dan kekerasan secara mentah, padahal Disney’s terkenal memiliki imej yang memproduksi film anak-anak dan keluarga.

Kembali ke tema awal, Monster, inc. adalah film yang sepintas mengandung nilai edukasi yang baik kepada anak-anak atau adik kita supaya tidak takut terhadap gelap dan hantu. Namun, jika kita menelaah dari sudut pandang lain, maka nilai kebaikan ini akan menjadi keburukan yang fatal. Sebab, Disney’s menyuruh anak ataupun adik kita untuk bersahabat dengan hantu atau setan! Tidak percaya? Coba kita kembali ke awal lagi, di akhir film animasi Monster, inc. tersebut si anak manusia itu akhirnya bersahabat dengan hantu yang membuat ia tidak takut kepadanya. Itu adalah akhir kisah dari film animasi itu. Lantas, bagaimana cara bersahabat dengan hantu tersebut? Caranya macam-macam bisa dengan tidak takut kepadanya atau pun dengan cara menyembahnya (!)

Fakta lain dari Monster, inc. tersebut adalah begitu banyaknya simbol Okultisme di dalam animasi tersebut. Sebut saja saat Mike berusaha menyembunyikan bukti-bukti yang menguatkan kalau ia terkontaminasi dengan kehidupan manusia, yang akhirnya ia sembunyikan ke dalam lemari penitipan barang yang bernomor 193. Anggaplah ini adalah angka-angka yang terpisah. Lalu coba tambahkan ketiga angka tersebut 1+9+3=13. Ya, 13! Sebuah angka yang paling popular di dalam dunia Okultisme. Bagi kita yang awam, angka ini kadung dianggap angka sial, padahal, nyatanya, di dalam dunia Okultisme angka ini dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Angka 13 ini setidaknya berkeliaran bebas di dalam film animasi ini, utamanya saat Mike ingin menyelamatkan Boo, seorang anak manusia yang ditawan oleh si monster alligator, Randall.

Selain angka 13, simbol mata dewa Mesir kuno, Horus juga ikut nimbrung di animasi ini, sebut saja pada Sulley si monster bermata satu, Celia monster berambut ular seperti Medusa namun bermata satu, dan lain sebagainya, juga terdapat pada logo Monster, inc., yaitu tepat ditengah huruf M. Simbol mata satu ini selain dianggap sebagai Mata Horus, simbol ini juga dianggap sebagai simbol Lucifer atau Dajjal.

Angka 666, yakni simbol Dajjal atau Mark of the Beast dalam bahasa Bible, juga terlihat jelas dalam tulisan Disney diatas tulisan Monster, inc. Angka ini sengaja ditutupi tersamar dalam tulisan “Disney” tersebut. Coba perhatikan gambar logo Disney’s Company   tersebut. Simbol Freemasonry juga muncul di dalam animasi bioskop tersebut. Bedanya, jika logo Freemasonry adalah perpaduan antara Jangka dan Siku yang menumpuk yang ditengahnya hadir huruf G yang mungkin berarti God (Tuhan) dalam pengertian mereka, maka, pada film animasi Monster, inc. yang ada hanyalah huruf G-nya saja yang ditutupi oleh sebuah lingkaran.

Berbeda seperti halnya film-film semacam Harry Potter maupun Lord of the Ring yang lebih jelas dalam memasukkan simbol Okultisme, film-film besutan Walt Disney’s terkesan lebih “halus” dalam memamerkannya. Jika kita tidak peduli atau pun tidak tahu, maka tanpa kita sadari, sebenarnya ketika kita menonton kartun-kartunnya Disney, kita telah melihat begitu banyak simbol-simbol Lucifer yang dipertontonkan kepada kita. Baik simbol yang biasa kita jumpai di tempat keramaian maupun yang bersifat rahasia. Untuk itulah, kita memerlukan informasi yang cukup tentang hal ini agar kita mengetahui kalau ajaran penyembahan terhadap berhala atau pun Iblis itu masih dipraktekkan sampai sekarang, di dunia yang katanya serba realistis ini.

Mungkin para pembaca tulisan ini akan sedikit kecewa karena beberapa potongan gambar di dalam film animasi Monster, inc. yang terkait dengan tulisan ini tidak dapat penulis tampilkan berhubung info tentang gambar tersebut sulit diperoleh. Jika pembaca ingin mengetahuinya secara lebih jelas, silahkan saja mencari film animasi ini di toko-toko DVD terdekat atau mungkin bisa di download di internet. (mugiwara no nakama)

Iklan

7 thoughts on “SIMBOL OKULTISME DALAM FILM ANIMASI MONSTER, Inc.

  1. kurang kerjaan…lu bisa nggak bikin film yg lebih bagus…paling cuma bisa ngunggulin agama lu sendiri …jangan merasa agama paling bagus paling baik…padahal banyak koruptor dan pimpinan yg suka korupsi…minta suap…berkedok suci…ternyata busuk….gak usah ngurusi rejeki orang…urus diri sendiri untuk kehidupan akhirmu saja….siap tahu lu enkarnasi jadi orang yg paling kau benci dan kau anggap busuk…hati-hattilah..

  2. hahaha…setuju..ni jga adalah suatu teori konspirasi, yg kyk2 gni d posting…ya film, ttp aja film, jgn dikait2kan ama yg laen, klo kait2an dgn yg laen, lu jga msh ada sodaraan dgn orang ateis, karna orang ateis jga keturunan adam n hawa, lu jga..wkwkwk…

  3. Beberapa keparat memang mempengaruhi, membujuk dan mengrayu dengan cara licik dan keparat mirip godaan iblis. Seperti halnya film2 holywood yg di kendalikan oleh keparat yahudi dan kristen. Saya pikir mereka seperti kumpulan anjing gila. Mantap tulisannya Gan! Hehehe

  4. anda diatas (berdua) adalah tanda2 orang munafik,dan tidak mau mengakui kebenaran padahal dalam hatinya telah mengetahui bahwa kebenaran akan agama tauhid. Tulisan yang baguz gan, patut menjadi inspirasi

  5. Pengaruh dr sebuah konspirasi publik…..

    Dunia dan okultisme emang sudah ada sejak zaman purba….jadi ya d biarkan saja yg merasa tertarik ya monggo…ikutan dan yg tdk tertarik ya jangan ikut2an kalau saya sih condong sebagai penonton saja…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s