CEO MURDOCH MENCAP PARA BLOGGER SEBAGAI POLITIKUS EKSTREMIS (Part:I)

010709topSebuah serangan yang menyengat dikeluarkan oleh CEO Perusahaan Berita Rupert Murdoch,  John Hartigan yang mencap para blogger dan saluran media alternatif sebagai “politikus-politikus ekstremis.” Hartigan mengatakan kalau para blogger itu seharusnya dipenjara seperti negara junta (Cina dan Burma/Vietnam). Dalam pidatonya di Perkumpulan Wartawan Nasional, Hartigan menolak secara keras jika blog disebut sebagai “sesuatu yang mengandung nilai intelektual walaupun sedikit yang mampu melihat kekosongan yang berasal dari kebodohan massal.”

Para blogger jangan diseret ke penjara atas perbuatannya. Mereka sebenarnya tidak memegang tanggungjawab seperti para wartawan yang sebenarnya….. hal itu bisa dikatakan blogosphere adalah bolamata yang tidak memiliki pengetahuan,” Hartigan menggonggong.

“Di dalam blogosphere, tentu saja, media mainstream selalu ingin ditemukan. Saat ini mitos telah menjadi bagian serangan.”

“Blog dan situs-situs komentar terdepan, khususnya para politikus ekstremis dan tukang fitnah. Pernyataan radikal yang dikeluarkan tanpa bukti yang jelas.”

Hartigan tidak melihat dengan jelas genggaman fakta bahwa media-media meanstream media selalu menemukan yang diinginkan karena kebiasaan mereka berbohong mengenai setiap peristiwa dan putaran cerita yang dikemas menurut keinginan dari para pemilik media berita. Hal ini menjadi sangat beralasan jika blog maupun saluran media alternatif menjadi sangat populer dan memakan ke dalam kelompok pemirsa, karena masyarakat jenuh dengan suguhan-suguhan yang membuat bodoh, jenuh terus dibohongi dan sangat susah dalam mencari kebenaran.

Tentu saja hal ini dibenarkan oleh pengakuan bos-nya Hartigan, Rupert Murdoch yang mengakui bahwa kerajaan medianya berusaha untuk membentuk opini publik agar mendukung perang di Irak, dengan kata lain, saluran-saluran berita terkemuka yang dimiliki oleh Murdoch ingin membuang jauh propaganda yang mendukung bahwa invansi ini dilakukan karena perusahaan.

Murdoch mengakui untuk sejenak mengeluh kalau media-media besar kehilangan kekuatan untuk menjadi media-media alternatif dan blog-blog di internet, ternyata tidak peduli jika keduanya saling berhubungan.

Ketika masyarakat tahu bahwa perusahaan media dengan sengaja membohongi mereka mengenai perang di Nigeria dan senjata pemusnah massal, untuk mencari tahu tentang hal itu masyarakat beralih ke informasi alternatif. Fakta yang tak dapat disangkal kalau media-media besar sering berbohong atas kenyataan dan ini bukanlah “mitos” seperti yang dituduh oleh Hartigan. (propaganda matrix/mugiwara no nakama/bersambung)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s