RUPERT MURDOCH ANCAM GOOGLE

Setelah bulan Juli lalu, melalui CEO Perusahaan Media Berita miliknya, John Harigan mencap para blogger sebagai “politikus ekstremis (Lihat: CEO Rupert Murdoch Mencap Para Blogger sebagai “Politikus Ekstremis”).” Kini, yang berulah bukan CEO-nya, tapi bos-nya sendiri Rupert Murdoch. Kali ini, konglomerat media Rupert Murdoch melarang Google menggunakan berita-berita yang dibuat oleh jaringan medianya. Pada Sky News Australia, milyuner kelahiran negeri Kanguru itu menyatakan akan mencari cara agar berita-berita dari jaringan medianya tidak masuk ke index Google, termasuk Google News.

Murdoch dalam berbagai kesempatan beberapa bulan terakhir ini, menyebut Google “kleptomania” dan “parasit” karena dengan seenaknya mengambil berita-berita dari perusahaan-perusahaan media milik Murdoch, seperti Sun, The Times dan Wall Street Journal.

Bulan Januari kemarin, Murdoch mengumumkan bahwa situs-situs korporasi perusahaan medianya akan mengenakan biaya bagi pengguna internet yang ingin mendapatkan akses membaca berita dari situs-situs media massa miliknya mulai bulan Juni tahun 2010. Tapi pekan kemarin Murdoch mengatakan rencana itu bakal ditunda.

Menanggapi ancaman Murdoch, perusahaan mesin pencari Google dalam pernyataannya mengatakan bahwa Google News dan situs mesin pencari merupakan “alat promosi yang dahsyat bagi media massa dan memberikan kontribusi hampir 100.000 orang yang mengklik setiap menitnya.”

“Para penerbit memasukan materi-materinya ke situs internet karena mereka ingin produk tulisan mereka dibaca orang. Cuma sedikit pihak yang tidak mau memasukkan materi tulisannya ke Google News dan mesin pencari. Tapi jika pihak Murdoch tidak mengingkan materi beritanya masuk ke Google News dan mesin pencari, kami tidak akan melakukannya,” demikian pernyataan Google. Ayo dukung Google untuk melawan para Kapitalis media yang sombong. Bersama kita bisa, yeah! (lebay mode on) (eramuslim/mugiwara no nakama)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s