YAHUDI PALING POPULER SELAMA TAHUN 2009

Tahun lalu, nama Bernard Madoff menjadi nama yang paling banyak disebut oleh dunia. Namun identik dengan keserakahan dan pengkhianatan terburuk dalam sejarah keuangan dunia. Tahun 2009 ini, siapa yang mengungguli Madoff dan apa saja kiprahnya?

Seperti biasa, setiap tahun, media Yahudi ramai-ramai mengeluarkan daftar orang-orang Yahudi yang paling popular di segala bidang. Berikut adalah nama-nama Yahudi yang selama 2009 ini kiprahnya dianggap mencorong atau populer.

1. Jerry Silverman

Ia adalah Presiden dan CEO dari Federasi Yahudi Amerika Utara. Organisasi, sebelumnya dikenal sebagai Komunitas Amerika Yahudi Komunitas, diciptakan pada tahun 1999 penggabungan tiga instansi pusat yang melayani 157 bangsa federasi amal Yahudi lokal. Silverman, 51, menghabiskan seperempat abad dalam perdagangan garmen, pertama di jeans Levi Strauss, di mana dia memimpin Dockers dan sangat sukses dalam pemasarannya, dan kemudian sebagai eksekutif puncak di Stride Rite dan Keds. Pada tahun 2004, karena jenuh, ia pindah ke lapangan nirlaba dan mengambil alih Yayasan Kamp Yahudi.

2. Michael Oren

Michael Oren, duta besar Israel untuk Amerika Serikat, adalah salah satu tokoh yang yang berada di belakang diplomasi Washington. Terkenal sebagai seorang sejarawan dan penulis buku laris, dia seorang poltiisi kiri-tengah pragmatis dan paling mewakili pemerintah sayap kanan dalam sejarah Israel. Oren berusia 54 tahun dan berasal dari New Jersey.

3. Sara Hurwitz

Aktivis perempuan Yahudi Ortodoks. Ia dipercaya sebagai sedikit orang yang masih memperjuangkan cara-cara Yahudi, dan menjadi pembimbing rohani serta ahli Taurat.

4. Joel Coen dan Ethan Coen

Dua bersaudara dan sama-sama berprofesi sebagai sutradara film Hollywood. Film-film mereka selalu bercerita tentang Yahudi. Film-film mereka yang terkenal adalah “Blood Simple” (1984), “Fargo” (1996, dua Academy Awards), “The Big Lebowski” (1998) dan “O Brother Where Art Thou?” (2000) untuk “No Country for Old Men” (2007, empat Academy Award).

5. Stuart Appelbaum

Stuart Appelbaum, 57, seorang lulusan Universitas Brandeis dan mantan aktivis Demokrat, adalah aktivis buruh.

6. Jeremy Ben-Ami

Jeremy Ben-Ami, 47 tahun adalah seorang direktur eksekutif, dan seroang Yahudi kiri. Ia mempunyai banyak pengikut.

7. Robert Bernstein

Bergerak di bidang penerbitan. Dia dianggap sebagai salah satu pembela hak asasi manusia. Berusia 86 tahun. Dalam konflik Gaza musim dingin lalu, ia menuduh bahwa Human Rights Watch mengamati secara tidak adil terhadap.

8. Amy Dean

Juga bergerak dalam aktivitas pembelaan buruh. Dean telah terus aktif di semua bidang ini, melayani selama beberapa tahun terakhir sebagai ketua bersama Dana Sosial Yahudi dan membantu antar lembaga Yahudi melalui merger dan periode utama pertumbuhan.

9. Joel Engelman

Ia adalah aktivis advokasi terhadap pelecehan seksual terhadap anak-anak.

10. Marsha Levick

Marsha Levick, 58, dan rekan-rekannya dari Juvenile Law Center di Philadelphia aktif dalam pembelaan hak anak-anak di Amerika.

11. Ruth Messinger

Ruth Messinger, 69, adalah presiden Yahudi Amerika World Service, yaitu bergerak dalam melawan kemiskinan dan hak asasi manusia, utamanya aktif dalam pembelaan terhadap Yahudi.”Kita harus dapat membantu orang dari segala usia menjawab pertanyaan: Mengapa orang Yahudi?Jjawabannya pasti lebih dari identitas kesukuan. Anda harus mendorong orang untuk mengakui bahwa dunia kita rusak dan bahwa menjadi Yahudi di dunia saat ini sangat berarti dan bekerja untuk memperbaikinya. ”

12. Jay Michaelson

Seorang kolumnis dan tokoh penting bagi orang-orang Yahudi gay untuk mencari komunitas dan perwakilan.

13. Irving Moskowitz

Irving Moskowitz telah disebut “santo pelindung dari gerakan pemukim Yerusalem Timur ” untuk membeli dan mengembangkan properti bagi pemukiman Yahudi di sana. Saking pentingnya ia buat Yahudi, ada penghargaan yang dinamai Moskowitz Prize. (eramuslim)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s