SYAIKH ANWAR AWLAKI MASIH HIDUP

Seminggu setelah pejabat Amerika Serikat dan Yaman mengatakan ulama ‘radikal’ Yaman, Anwar Awlaki, kemungkinan besar telah tewas dalam serangan udara malam Natal yang didukung AS, ABC News pada Kamis (31/12) melaporkan keterangan seorang wartawan Yaman mengatakan bahwa Syaikh Awlaki telah muncul untuk menyatakan, “Saya masih hidup.”  “Dia mengatakan rumah yang diserang itu berada dua atau tiga kilometer dari keberadaannya dan Anwar Awlaki sedang tidak ada di rumah,” kata wartawan, Abdulelah Hider Shaea, kepada ABC News. Dia bilang dia berbicara dengan Awlaki melalui telepon dan mengenali suara dari wawancara sebelumnya.

Satu minggu yang lalu, para pejabat mengatakan serangan malam Natal itu telah menargetkan rumah yang diduga dijadikan tempat pertemuan para pemimpin al Qaidah di Rafd, sebuah lembah pegunungan di bagian timur provinsi Shabwa.

Sebuah pernyataan dari Kedutaan Yaman di Washington mengatakan Awlaki berada di lokasi pertemuan al Qaidah di sebelah selatan ibukota Sanaa.

beberapa waktu lalu, dai terkenal asal AS ini tak diketahui keberadaannya. Ada yang menyebutkan ia berada di Yaman, ada pula yang menyebutkannya masih berada di AS.

Terakhir kali beliau memberikan komentar tentang tragedi Fort Food beberapa waktu lalu. Sejak itu, tak lagi terdengar apapun dari beliau. Situsnya pun sepi dan seperti terhenti dari kegiatan.

Anwar al-‘Awlaqī  lahir pada 22 April 1971 di Las Cruces, New Mexico. Ia adalah seorang dosen, pemimpin spiritual, dan mantan imam yang dituduh sebagai perekrut dan motivator terkait dengan berbagai teroris versi AS dan Barat.

Awalnya dilatih sebagai seorang insinyur sipil, Al-Awlaki kemudian menjadi seorang imam. Dia saat ini terkait dengan Universitas Iman  di Yaman

Al-Awlaki saat ini sedang dicari oleh pihak berwenang di Yaman berkenaan dengan tuduhan terorisme. Terhitung sejak Maret 2009, pihak berwenang manapun dikabarkan belum dapat menemukannya.

Selain itu seorang pengisi di forum Islamic Awakening pernah mengatakan bahwa ketika menjenguk saudaranya yang dipenjara oleh pemerintah Yaman, ia diberitahu oleh saudaranya tersebut bahwa Syeikh Anwar Awlaki berada satu penjara dengannya. Menurutnya saat itu, Syeikh Anwar sudah beberapa bulan mendekam  di sana. (arrahmah/eramuslim/mugiwara no nakama)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s