Aktivis Viva Palestina Bentrok dengan Aparat Mesir, 55 Orang Luka-Luka

Aktivis Viva Palestina terlibat bentrokan dengan pasukan anti huru-hara Mesir di pelabuhan El-Arish. Akibat bentrokan itu 55 aktivis mengalami luka-luka.

Keributan terjadi setelah Mesir menyatakan melarang konvoy kendaraan Viva Palestina yang terdiri dari 59 truk yang  membawa bantuan kemanusiaan, masuk ke Jalur Gaza. Delegasi anggota legislatif Turki yang mengawal rombongan Viva Palestina, gagal bernegosiasi dengan pejabat Israel agar mengijinkan rombongan itu masuk ke Jalur Gaza lewat perbatasan Mesir.

Sebelum bentrokan terjadi, Kevin Ovenden dari Viva Palestina menulis pesan yang mengabarkan bahwa mereka dalam situasi krisis karena para aktivis harus berhadap-hadapan dengan pasukan keamanan Mesir. “Kami sudah bernegosiasi dengan seorang pejabat senior dari Kairo. Tapi pejabat itu pergi dan tidak kembali. Kami bernegosiasi agar barang-barang bantuan yang kami bawa dibolehkan masuk ke Gaza,” tulis Ovenden.

Pihak Mesir mengerahkan sekitar 2.000 pasukan anti huru-hara yang kemudian bergerak ke kamp kami di pelabuhan El-Arish, lengkap dengan kendaraan water cannon-nya (meriam air untuk membubarkan aksi massa-red).Para aktivis memblokade pintu masuk pelabuhan dan berusaha melindungi barang-barang bantuan yang mereka bawa.

Viva Palestina mengkritik sikap pemerintah Mesir yang keras kepala melarang konvoi mereka masuk. Dalam pernyataannya, Viva Palestina menyerukan seluruh masyarakat dunia yang mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk menggelar aksi protes di depan kedubes dan kantor konsulat Mesir karena Mesir telah menghalang-halangi bantuan untuk warga Gaza.

Pembicaraan damai yang ditawarkan oleh para aktivis tersebut untuk mengubah keputusan otoritas Mesir ternyata tidak membuahkan hasil.

Konvoy bantuan kemanusiaan untuk Gaza telah sampai di Mesir sejak Desember lalu namun hingga kini belum ada satupun kendaraan pengangkut bantuan yang diperbolehkan masuk ke Gaza melalui perbatasan Mesir oleh otoritas boneka Mesir. Kendaraan-kendaraan tersebut mengangkut makanan dan obat-obatan untuk warga Gaza yang hingga kini masih diblokade oleh zionis Israel. (eramuslim/arrahmah/mugiwara no nakama)

One thought on “Aktivis Viva Palestina Bentrok dengan Aparat Mesir, 55 Orang Luka-Luka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s