ANTARA FACEBOOK, FREESEX dan SIPILIS

Situs jejaring sosial, Facebook, dianggap mempunyai andil dalam peningkatan kasus salah satu penyakit menular seksual, sipilis.  Menurut pakar kesehatan, Peter Kelly, angka pasien yang mengidap penyakit menular seksual akibat virus ini  meningkat 4 kali lipat di Sunderland, Durham dan Teesside, tiga area di Inggris di mana Facebook tergolong populer.

Hasil riset menunjukkan kalangan muda di tiga wilayah di atas memiliki kecenderungan mengakses Facebook 25 persen lebih besar ketimbang daerah lain di Inggris, seperti yang dikutip dari situs Telegraph. Kelly melihat adanya hubungan antara tersebarnya penyakit menular seksual dengan facebook, karena seseorang mudah menemukan partner seks dengan orang baru yang dikenalnya lewat situs jejaring ini. Data ini didapatkan Kelly lewat pengakuan sejumlah pasien yang mengatakan mereka bertemu pasangan ‘casual sex’ di facebook.

“Sipilis adalah penyakit membahayakan. Tiap orang yang melakukan seks tanpa perlindungan memiliki risiko tinggi. Saat ini, kasus sipilis mengalami peningkatan empat kali lipat, dan peritanya kebanyakan adalah wanita muda,” kata Kelly menjelaskan.

Facebook Bantah Penyebab Meningkatnya Penyakit Kelamin Infeksi Sifilis

Jaringan sosial mengatakan bahwa korelasi dengan munculnya penyakit kelamin tidak sama dengan sebab-akibat.  Jaringan sosial Facebook telah mengatakan bahwa laporan yang menghubungkan situs jejaring social Facebook membangkitkan sebuah peningkatan kejadian infeksi bakteri sifilis adalah “konyol”.

Setelah laporan media luas bahwa penyakit kelamin telah meningkat empat kali lipat di Sunderland, Durham dan Teesside, daerah Facebook Britania di mana yang paling populer, jaringan mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa “Facebook adalah tidak lebih bertanggung jawab untuk transmisi STD seperti kata surat kabar bertanggung jawab untuk visi buruk. “

Profesor Peter Kelly, direktur kesehatan masyarakat di Teesside, staf mengatakan telah menemukan hubungan antara situs jaringan sosial dan peningkatan kasus, terutama di kalangan wanita muda, yang menunjukkan bahwa orang-orang Facebook telah memberikan cara baru untuk bertemu dengan beberapa mitra untuk melakukan hubungan seksual .

“Aku tidak mengerti nama-nama orang yang terkena, hanya angka-angka, dan aku melihat bahwa beberapa orang telah bertemu dengan pasangan seksual melalui situs ini,” kata Prof Kelly. “Situs jaringan sosial sehingga memudahkan orang untuk bertemu bagi pengguna seks bebas. “

Facebook, bagaimanapun, mengatakan bahwa perkataan Prof Kelly telah disalahpahami: “Hari ini membesar-besarkan laporan komentar-komentar yang dibuat oleh profesor, dan mengabaikan perbedaan antara korelasi dan sebab-akibat,” kata seorang juru bicara.

Jaringan sosial juga menunjukkan bahwa peningkatan yang dramatis jaringan sosial selama dua tahun berarti bahwa kenaikan Facebook bisa berkorelasi dengan kecenderungan peningkatan lainnya di Inggris. Itu tidak, bagaimanapun, menunjukkan hubungan sebab akibat, kata situs. Sekitar 23 juta Briton sekarang anggota Facebook.

Menanggapi kasus ini, juru bicara Facebook menyatakan pengguna Facebook perlu berhati-hati saat bertemu dengan kenalan baru dunia maya di dunia nyata. (ruang hati berbagi/kang boed/mugiwara no nakama)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s