KASUS SEC MELAWAN GOLDMAN SACHS SEMAKIN ALOT

Kasus penipuan Securities and Exchange Commission (SEC) melawan Goldman Sachs mensinyalkan era tangguh baru untuk sebuah agen dilanda oleh serangkaian kesalahan publik.

Gerald Corrigan, Kepala Bank Goldman Sachs

Namun karena bertujuan untuk menjadi polisi yang lebih ketat, SEC menghadapi kendala baru: Bank telah tumbuh lebih cepat dari hukuman yang biasanya dibebankan oleh badan. Ukuran  Goldman – yang keuntungan triwulanannya saja mencapai $ 3,3 miliar – berarti hukuman pengadilan yang disetujui cenderung terlalu kecil untuk mereka agar terluka secara finansial.

Tapi mantan dan  pejabat SEC saat ini mengatakan sanksi bukanlah alat  yang paling potensial. Pernyataan dan tindakan SEC sering menghasilkan kerugian yang lebih tinggi. Pemegang Saham mengajukan gugatan mereka sendiri. Investor menjual saham perusahaan. Dan potensi klien  menyeberang ke pesaing.

“Senjata-senjata di gudang senjata komisi ada banyak,” kata mantan juru bicara SEC Michael Robinson. “Setelah SEC membuat pengumuman, domino mulai turun.”

Sudah terjadi, kerugian-kerugian potensial untuk Goldman menumpuk. Britain’s Financial Services Authority mengatakan hari Selasa bahwa akan menyelidiki Goldman Sachs International, anak perusahaannya di luar negeri. Dan regulator Jerman BaFin akan meminta SEC untuk informasi karena mereka mempertimbangkan untuk membawa tuduhan mereka sendiri, surat kabar Jerman Welt am Sonntag melaporkan, mengutip juru bicara Kanselir Angela Merkel.

Namun, tampaknya ada sedikit kekhawatiran tentang kesehatan jangka panjang Goldman. Analis  Credit Suisse mengatakan mereka masih berpikir Goldman akan terus mengungguli sektor keuangan, mereka menulis dalam sebuah catatan penelitian pada hari Senin.

Mereka menulis bahwa setiap hukuman keuangan untuk perusahaan itu kemungkinan besar akan “sangat dapat diatur relatif terhadap generasi pendapatan Goldman.”

Namun, kepala penegakan SEC  Robert Khuzami mengatakan ketakutan akan kejatuhan dari tuduhan SEC akan menghalangi perusahaan sekuritas dari melanggar hukum keuangan. Dan ia berpendapat bahwa hukuman keuangan juga memainkan peran penting dalam kasus seperti yang sedang berlangsung melawan Goldman.

“Hukuman Keuangan sangat penting karena itu menambahkan beberapa sanksi menyengat,” kata Khuzami dalam sebuah wawancara dengan kantor berita The Associated Press. Efek dari hukuman juga dapat terluka oleh, misalnya, pemegang saham yang mengarah ke pertanyaan pengolahan manajemen.

Ketika berhubungan dengan hukuman keuangan, “Lebih besar tidak selalu lebih baik,” kata Khuzami. Pemerintah tidak ingin mengenakan denda sangat besar karena itu akan menyakiti pemegang saham, “katanya.

Sejak bergabung dengan agen tahun yang lalu, Khuzami telah memimpin SEC untuk menguatkan posisinya di Wall Street. Dia menunjuk sejumlah inisiatif baru, termasuk mengelompokan pengacara dari area subyek, sehingga mereka dapat mengembangkan keahlian, kebijakan baru untuk bekerja dengan pelapor, membuka jalan untuk panggilan dari pengadilan yang lebih cepat dan menilai kinerja divisi melalui metrik standar.

Mantan karyawan divisi penegakan menunjuk pada kebijakan baru yang memungkinkan pengacara agen untuk menerbitkan panggilan dari pengadilan tanpa mengumpulkan tanda tangan dari komisaris SEC. Sebelum perubahan, proses itu memperlambat investigasi, para pejabat berkata.

Ketika seseorang menampilkan siaran pers palsu secara online tahun lalu untuk memanipulasi pasar saham, divisi ini mampu mengumpulkan dokumen yang menentukan lokasi dan identitas para pelaku sebelum mereka bisa melakukan lebih banyak kerusakan, Khuzami berkata.

Penegakan itu mendorong serangkaian kegagalan memalukan dari pengawasan agen itu sebelum Khuzami dan Ketua SEC Mary Schapiro. Itu termasuk skema Ponzi Bernard Madoff dan yang diduga dijalankan oleh pemodal Texas yang sekarang dipenjara, R. Allen Stanford.

Nada yang lebih tegas dari badan ini tidak membuat semua orang senang.

Goldman menuduh agen ini menyoroti mereka sendiri. Dalam serangkaian pernyataan, bank itu mengatakan tidak diberi kesempatan untuk mencapai penyelesaian – hasil yang umum dari tuduhan sipil. Pejabat Industri yang telah mengeluh bahwa Goldman sedang diperlakukan secara tidak adil sementara SEC mencoba untuk mengendalikan gelombang kemarahan masyarakat terhadap bank.

Partai Republik menuduh semua kecuali waktu pengumuman dari agensi untuk mempercepat perbaikanperaturan keuangan administrasi Obama yang  tertunda melalui Kongres.

Argumen itu diperkuat oleh pengungkapan bahwa komisaris SEC menyetujui tuntutan terhadap Goldman pada suara 3-2,  dengan kedua Republik menentang mereka.

Tapi mantan pejabat dari kedua belah pihak sepakat bahwa SEC tidak akan mengajukan tuntutan jika karyawan badan itu tidak yakin mereka bisa menang di pengadilan.

Dan Robinson mengata publisitas seperti itu membantu tujuan SEC memberi perusahaan peringatan bahwa mereka akan membayar biaya tinggi untuk perilaku yang tidak tepat.

Seperti kita ketahui bersama, kasus ini bermula saat Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown telah menyerukan penyelidikan “khusus” untuk Goldman Sachs setelah laporan bahwa bank itu membayar £ 3.5 milar dalam bonus.

Perdana Menteri Inggris, Gordon Brown

Berbicara di BBC Andrew Marr Show, Perdana Menteri itu menggambarkan situasi itu sebagai salah satu “kebangkrutan moral”.

Kritiknya mengikuti tuduhan oleh Securities and Exchange Commission di Amerika bahwa Goldman menipu investor selama krisis perumahan sub-prime.

Goldman sangat menolak klaim itu dan menganggapnya sebagai kesalahan “pada fakta dan hukum”.

Brown mengatakan bahwa Inggris Financial Services Authority harus segera memulai penyelidikan dengan bekerjasama dengan regulator AS, Securities and Exchange Commission (SEC).

The Sunday Times melaporkan bank  ditetapkan untuk membayar £ 3.5 miliar bonus kepada stafnya di seluruh dunia – termasuk hampir £ 600 juta untuk 5.500 karyawan yang berbasis di London – untuk bekerja hanya tiga bulan.

Pada hari Jumat, SEC mengeluarkan tuntutan sipil terhadap Goldman yang gagal untuk mengungkapkan konflik kepentingan selama pemasaran hipotik sub-prime di mana investor kehilangan $ 1 milyar.

Brown mengatakan bahwa isu tersebut menggarisbawahi perlunya reformasi lebih lanjut dari sistem perbankan internasional. “Saya terkejut atas kebangkrutan moral ini. Ini mungkin salah satu kasus terburuk yang telah kita lihat,” katanya.

“Ratusan juta pound telah diperdagangkan di sini dan tampak seolah-olah orang itu disesatkan tentang apa yang terjadi saya ingin Otoritas Jasa Keuangan untuk menyelidiki dengan segera..

Dua lain pihak utama memiliki rencana untuk mereformasi sistem perbankan. Di antara Konservatif rencana itu adalah dorongan kuat bagi  sebuah kesepakatan internasional untukmenghentikan bank terlibat dalam perdagangan skala besar menggunakan uang mereka sendiri

Dan Demokrat Liberal, yang akan pergi lebih jauh dari bail-out Partai  Buruh dan dinasionalisasi bank,  mengatakan mereka akan memisahkan ritel bank dan lengan investasi.

Di Jerman, juru bicara pemerintah Ulrich Wilhelm mengatakan kepada surat kabar Jerman yang regulatornya, BaFin, juga akan mencari informasi dari SEC. “Setelah evaluasi yang teliti terhadap dokumen-dokumen kami akan memutuskan tentang langkah-langkah hukum,” ujar Wilhelm.

IKB yang berbasis di Jerman, yang diinvestasikan dalam efek sub-prime, memerlukan bailout minimal 10 miliar euro setelah hampir runtuh pada tahun 2007.

Pada hari Jumat, SEC mengeluarkan dakwaan terhadap Goldman dan salah satu wakil presidennya yang berbasis di London, Fabrice Tourre.

SEC mengatakan Goldman gagal mengungkapkan “informasi penting” bahwa salah satu kliennya, Paulson & Co, membantu memilih efek yang dikemas ke dalam portofolio hipotek.

Efek tersebut dijual kepada investor pada tahun 2007.

Tapi Goldman tidak mengungkapkan bahwa Paulson, salah satu pelindung dana terbesar di dunia, telah bertaruh bahwa nilai efek akan jatuh.

SEC mengatakan: “Tanpa diketahui investor, Paulson … yang diajukan untuk mendapatkan keuntungan jika efek gagal, memainkan peran penting dalam memilih  efek yang mana yang harus dibuat portofolio.”

“Singkatnya, Goldman Sachs mengatur transaksi atas permintaan Paulson yang  mana sangat Paulson mempengaruhi pemilihan portofolio yang sesuai dengan kepentingan ekonomi,” kata Komisi.

SEC menuduh bahwa investor dalam sekuritas mortgage, dikemas menjadi sebuah alat yang disebut Abacus, kehilangan lebih dari $ 1 milyar (£ 650 juta) dalam keruntuhan perumahan AS.

Tourre sebenarnya di belakang penciptaan Abacus, yang menyetujui kesepakatan dengan Paulson pada bulan April 2007, kata SEC.

Dokumen Pengadilan SEC mengutip email dari Tourre ke temannya pada Januari 2007. “Semakin banyak pengaruh dalam sistem. Hanya yang berpotensi yang selamat, berdiri di tengah semua kompleks ini, perdagangan yang eksotis yang sangat terpengaruh yang dia diciptakan tanpa  memahami semua implikasi mengerikan tersebut!! ”

Seorang juru bicara Goldman mengatakan perusahaan itu tidak mengomentari serangan Brown. Pada hari Jumat, bank mengatakan: “tuduhan SEC adalah sama sekali tidak berdasar hukum dan fakta dan kami akan menentang mereka dan membela perusahaan dan reputasinya.”

Telepon ke kantor  Tourre dirujuk ke kantor tekan Goldman. Paulson belum dijatuhi tuduhan.

Dalam pernyataannya, Paulson & Co berkata : “Seperti yang SEC katakan pada konferensi pers, Paulson bukanlah subjek pengaduan ini, tidak membuat misrepresentasi dan bukan subjek dari setiap tuduhan.” (suara media/mugiwara no nakama)

One thought on “KASUS SEC MELAWAN GOLDMAN SACHS SEMAKIN ALOT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s