Obama TETAP Menjanjikan Keamanan Untuk “Negeri” Penjajah Israel

Presiden Amerika Barack Obama berjanji untuk terus bekerja keras demi mencapai perdamaian yang komprehensif di kawasan Timur Tengah, serta memastikan masa depan yang damai, aman dan bermartabat bagi bangsa Israel.

Obama mengatakan dalam pesan ucapan selamat yang ditujukan kepada Israel dalam memperingati hari berdirinya Israel yang ke-63, bahwa “Pada periode ini sedang terjadi perubahan besar di kawasan Timur Tengah dan Afrika Utara. Sebab, rakyat di kawasan tersebut sedang berusaha menemukan harga diri dan pemerintahan otonomi.”

Ia menambahkan, “Sama seperti yang aku tahu bahwa Israel akan selalu menjadi salah satu sekutu terdekat kami. Dan aku yakin bahwa kawasan Timur Tengah akan lebih damai dan sejahtera ketika rakyatnya dapat merealisasikan aspirasi mereka yang sah.”

“Kami akan terus melakukan usaha-usaha kami dengan Israel dan negara-negara lain di kawasan Timur Tengah untuk mencapai perdamaian yang komprehensif termasuk solusi dua-negara, serta bekerja sama untuk mencapai masa depan yang damai, aman dan bermartabat bagi bangsa Israel dan semua bangsa di wilayah ini,” lanjut Obama.

Presiden Amerika mengucapkan selamat kepada Israel atas nama rakyat Amerika yang berada jauh dari “nasional Israel”, serta memuji berbagai prestasi Israel selama enam dasawarsa terakhir.

Ia mengatakan bahwa “Kedua negara ini memiliki nilai-nilai yang sama. Amerika Serikat tidak akan pernah melupakan komitmennya terhadap keamanan Israel. Dan saya memiliki keyakinan penuh bahwa hubungan yang kuat antara kedua negara kita akan semakin dalam dengan berjalannya waktu.

Pidato Kedua Obama di Dunia Islam

Para pejabat senior pemerintahan Amerika mengatakan bahwa presiden Amerika, Barack Obama sedang bersiap untuk menyampaikan pidato baru untuk dunia Muslim dalam beberapa hari mendatang.

Para pejabat menjelaskan bahwa Obama berniat untuk mendorong umat Islam di Timur Tengah dan di bagian penjuru dunia lainnya untuk meninggalkan apa yang disebutnya sebagai “ekstrimisme Islam” pasca meninggalnya pemimpin organisasi al-Qaeda, Osama bin Laden, dan membangun suatu era baru hubungan dengan Amerika Serikat.

Para pejabat menambahkan bahwa Obama sedang bersiap untuk menyampaikan pidatonya pada minggu depan. Dalam pidatonya ini, presiden Amerika ingin menyampaikan bahwa meninggalnya bin Laden dan berbagai pemberontakan oleh rakyat di Timur Tengah, serta Afrika Utara terhadap rezim otoriter, maka semuanya menegaskan bahwa sudah tiba saatnya untuk mengakhiri dukungan terhadap al-Qaeda yang berbicara atas nama aspirasi kaum Muslim.

Wakil Penasehat Keamanan Nasional di Gedung Putih mengatakan, bahwa ini merupakan peristiwa kebetulan yang begitu menarik. Pada saat meninggalnya bin Laden, kami melihat sebuah model prospektif untuk perubahan di wilayah Timur Tengah, yang benar-benar berbeda dengan model yang diadopsi oleh basis bin Laden.

Meskipun belum ditentukan kapan pidato itu akan disampaikan, namun ada indikasi bahwa Obama akan menyampaikannya menjelang perjalanannya ke Eropa, yang dijadwalkan tangga 23 bulan ini, yang akan berlangsung selama lima hari. Para pejabat Amerika mengatakan bahwa Gedung Putih sudah mulai mempromosikan pesan dalam pidato yang akan disebarkan melalui layar televisi dan stasiun radio Arab.

Sejak Januari lalu, di kawasan Timur Tengah sedang berlangsung sejumlah pemberontakan rakyat yang telah berhasil menggulingkan dua di antara rezim-rezim otoriter paling tua umurnya di Mesir dan Tunisia. Sebagaimana hal itu juga mengguncang para penguasa Libya, Yaman dan Suriah. Semua ini memciptakan gelombang perubahan politik terbesar di dunia sejak runtuhnya Tembok Berlin. (media umat/mugiwara no nakama)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s