Tattoo Kulit Elektronik dengan Teknologi RFID untuk Memfasilitasi Pemantauan

Perangkat ini berisi chip RFID dan dapat mentransfer informasi ke berbagai jaringan nirkabel. Untuk membuat orang tertarik dan antusias dengan tato kulit elektronik, artikel berita menjelaskan kegunaannya dalam memantau kesehatan dan … um … video game. Namun apa yang tidak diiklankan adalah bagaimana dengan mudah perangkat ini dapat digunakan untuk melacak orang, mata-mata dan monitor.

Electronic skin tattoo has medical, gaming, spy uses

Sebuah patch rambut tipis elektronik yang melekat pada kulit seperti tato temporer bisa mengubah penginderaan medis, komputer bahkan operasi mata-mata gamingand, menurut sebuah penelitian AS yang diterbitkan Kamis.

“Ini adalah teknologi yang mengaburkan perbedaan antara elektronik dan biologi,” kata co-penulis John Rogers, seorang profesor dalam ilmu dan teknik material di Universitas Illinois di Urbana-Champaign.

“Tujuan kami adalah untuk mengembangkan sebuah teknologi elektronik yang dapat berintegrasi dengan kulit dengan cara yang mekanis dan fisiologis terlihat oleh pengguna.”

Patch bisa digunakan sebagai pengganti elektroda besar untuk memantau otak, jantung dan aktivitas otot jaringan dan ketika ditempatkan pada tenggorokan itu memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan suara diaktifkan video game dengan lebih dari 90 persen ketepatan.

“Ini jenis perangkat mungkin menyediakan utilitas untuk mereka yang menderita penyakit tertentu laring,” kata Rogers. “Ini juga bisa membentuk dasar kemampuan komunikasi sub-vokal, cocok untuk menggunakan rahasia atau lainnya.”

Perangkat nirkabel hampir ringan dan membutuhkan sedikit tenaga dapat bahan bakar itu sendiri dengan kolektor surya miniatur atau dengan mengambil radiasi elektromagnetik liar atau dikirimkan, kata studi tersebut.

Kurang dari 50-mikron tebal – sedikit lebih tipis dari rambut manusia – perangkat dapat mematuhi kulit tanpa lem atau bahan lengket.

“Pasukan yang disebut interaksi van der Waals mendominasi adhesi pada tingkat molekuler, sehingga tato elektronik mematuhi kulit tanpa perekat dan tinggal di tempat selama berjam-jam,” kata studi tersebut.

Insinyur Northwestern University Yonggang Huang mengatakan patch adalah “selembut kulit manusia.”

Rogers dan Huang telah bekerja sama pada teknologi selama enam tahun terakhir. Mereka telah dirancang elektronik fleksibel untuk sensor kamera hemispherical dan sekarang fokus pada menambah daya baterai dan pilihan energi lainnya.

Perangkat mungkin menemukan masa depan menggunakan pada pasien dengan apnea tidur, bayi yang membutuhkan perawatan neonatal dan untuk membuat perban elektronik untuk membantu menyembuhkan kulit dari luka dan luka bakar.

– AFP, Electronic skin tattoo has medical, gaming, spy uses

(the vigilant citizen/mugiwara no nakama)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s