Tahukah Anda Hubungan Amerika dan Israel Kini Alami Keretakan?

retakPerdana Menteri Israel Benjamin netanyahu memperingatkan Amerika Serikat terkait negosiasi kesepakatan yang buruk dengan Iran akan memicu mimpi buruk. Ini menggambarkan keretakan antara AS dan Israel semakin dalam.

Mereka menyampaikan pesan selama satu jam satu sama lain terkait masalah nuklir Iran. Netanyahu melawan Obama dengan berpidato mengenai kasus Iran di depan Kongres. Obama menanggapi pernyataan Netanyahu di Oval Office bahwa tidak ada yang baru yang ditawarkan oleh Netanyahu.

Pemerintah Iran juga mencela pidato Netanyahu selama 39 menit sebagai satu hal yang membosankan dan berulang-ulang. Meski diboikot oleh rekan demokrat Obama Netanyahu tetap membicarakan kasus Iran.

Netanyahu mengatakan kepemimpinan Iran sangat radikal. Dia tidak mempercayai kesepakatan yang dilakukan AS dengan empat negara terkuat lainnya. Kesepakatan ini dianggap bukan menghalangi Iran memiliki bom tetapi justru membuka jalan. Dia sangat yakin Iran akan memiliki senjata nuklir yang berbahaya.

Tahukah Anda kalau hubungan pemerintah Amerika Serikat dengan Zionis Israel sebenarnya tidaklah seakrab  dengan dugaan kita bersama. Hal ini terungkap dari sebuah berita di tahun 2009 dan 2012 berikut ini.

Pada tanggal 18/10/2012, Perdana Menteri entitas Yahudi Benjamin Netanyahu mengumumkan bahwa dirinya mengadopsi proyek Levy, yang menganggap Tepi Barat sebagai wilayah bukan pendudukan (tanah milik Israel), dan tengah menyempurnakan melegitimasi hukum terhadap pusat-pusat pemukiman yang kacau, yaitu pada saat pemerintah mengeluarkan rencana terperinci untuk membangun 800 unit rumah di atas tanah di Tepi Barat. Pengumuman Perdana Menteri Yahudi ini bertepatan dengan pengumumannya tentang pemilihan umum awal pada 22 Januari tahun 2013.

Perlu diketahui bahwa target proyek Levy sekarang adalah menganeksasi 12% dari wilayah barat al-Jidar ke dalam wilayah entitas Yahudi, di samping menganeksasi al-Quds (Yerusalem), dan menganeksasi lebih dari 28% dari luas wilayah al-Aghwar.

Dengan langkah ini entitas Yahudi membuyarkan kemungkinan pembentukan negara Palestina di Tepi Barat, dan dengan demikian menghilangkan semua kemungkinan damai bagi entitas Yahudi di wilayah tersebut. Sehingga hal ini membuka jalan untuk membuat orang-orang yang berharap kemungkinan pembentukan negara Palestina, sebagai langkah pertama untuk Pembebasan Palestina sesuai gambaran mereka; serta membuat mereka putus asa dan kembali memikirkan bagaimana Pembebasan Palestina seperti yang diperintahkan oleh Tuhan.

Sungguh dalam hal ini, Yahudi telah menciptakan kondisi untuk menghancurkan rumahnya dengan tangannya sendiri dan tangan orang-orang beriman. Langkah entitas Yahudi ini merupakan pukulan bagi proyek Amerika untuk menyelesaikan masalah Timur Tengah yang terkait dengan pembentukan negara Palestina di samping entitas Yahudi.

Sebelumnya pada tahun 2009, pemerintah Amerika menilai hubungannya dengan entitas Yahudi ini sebagai hubungan khusus namun tidak jelas, sebagaimana mulai ramai di permukaan kata-kata, seperti “tekanan AS” dan “menolak untuk mentaati keinginan Amerika” yang disampaikan oleh pihak-pihak yang secara resmi mewakili entitas Yahudi.

Presiden Amerika yang baru, Barack Obama mengungkapkan dengan jelas tentang ketidaksejalannya dengan Benjamin Netanyahu terkait pembentukan negara Palestina dan permukiman Yahudi di Tepi Barat.

Keretakan hubungan Amerika dengan entitas Yahudi mulai mengemuka setelah delapan tahun sejak kepemimpinan Bush, yang berpura-pura tidak tahu terhadap pembangunan permukiman, dan tidak peduli terhadap masalah pembentukan negara Palestina, kecuali di akhir priode kedua kepemimpinannya, yang mulai bertanya-tanya tentang bagaimana mengatasinya apabila persekutuan anata dua pihak yang telah kuat ini terjadi ketimpangan dan kesenjangan di masa mendatang. (hti press/NMJ)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s